Jumat, 22 Januari 2010

ngopi tekok

Dual-lapisan perekaman

Dual-layer rekaman (kadang-kadang juga dikenal sebagai lapisan ganda rekaman) memungkinkan DVD-R dan DVD + R disc untuk menyimpan lebih banyak data-signifikan hingga 8,54 gigabyte per disc, dibandingkan dengan 4,7 gigabyte untuk single layer disc. Seiring dengan hal ini, DVD-DL yang memiliki kecepatan tulis yang lebih lambat dibandingkan dengan DVD biasa dan ketika dimainkan pada DVD player, sedikit transisi dapat dilihat antara lapisan. DVD-R DL ini dikembangkan untuk DVD Forum by Pioneer Corporation; DVD + R DL ini dikembangkan untuk DVD + RW Alliance oleh Philips dan Mitsubishi Kagaku Media (MKM). [24]

A dual-layer disc berbeda dari DVD biasa lawan dengan menggunakan kedua lapisan fisik di dalam disk itu sendiri. Drive dengan dual-layer kemampuan mengakses lapisan kedua dengan bersinar laser melalui setengah tembus terang lapisan pertama. Dalam beberapa pemutar DVD, perubahan lapisan dapat menunjukkan jeda yang nyata, sampai beberapa detik. [25] Hal ini menyebabkan beberapa penonton untuk khawatir bahwa dual-layer disc yang rusak atau cacat, dengan hasil akhir yang studio mulai daftar pesan standar menjelaskan dual-layer berhenti efek pada semua dual-layer disc packaging.

Recordable DVD disc yang mendukung teknologi ini terbelakang-yang kompatibel dengan beberapa yang ada pemutar DVD dan DVD-ROM drive. [24] Banyak DVD recorder saat ini mendukung dual-layer teknologi, dan harga sekarang dibandingkan dengan single-layer drive, meskipun media kosong tetap lebih mahal. Kecepatan perekaman dicapai oleh dual-layer media masih jauh di bawah mereka lapisan tunggal-media.

Ada dua mode untuk dual-layer orientasi. Dengan Parallel Track Path (PTP), yang digunakan pada DVD-ROM, kedua lapisan mulai dari dalam diameter (ID) dan berakhir pada diameter luar (OD) dengan memimpin-out. Dengan Opposite Track Path (OTP), digunakan pada banyak DVD video disc, lapisan bawah dimulai pada ID dan lapisan atas dimulai di OD, di mana lapisan lain berakhir; mereka berbagi satu saluran masuk dan satu memimpin keluar. Namun, beberapa DVD video disc juga menggunakan paralel lagu, seperti yang ditulis episodically, seperti dalam sebuah disc terpisah dengan beberapa episode serial TV-mana lebih sering daripada tidak, perubahan lapisan di antara judul dan karenanya tidak perlu akan menulis lagu yang berlawanan jalan mode. [rujukan?]
[Sunting]
DVD Video
Artikel utama: DVD Video

DVD Video adalah sebuah standar untuk konten media DVD. Format mulai dijual di Jepang pada bulan November 1996, di Amerika Serikat pada Maret 1997, di Eropa pada bulan Oktober 1998 dan di Australia pada bulan Februari 1999. [26] Pada bulan Juni 2003, mingguan DVD Video penyewaan mulai outnumbering mingguan penyewaan kaset VHS, yang mencerminkan tingkat adopsi yang cepat dari teknologi di pasar AS. [5] [27] Saat ini, DVD video adalah bentuk dominan distribusi video rumahan di seluruh dunia.

Meskipun banyak resolusi dan format yang didukung, sebagian besar konsumen disc DVD video menggunakan salah 4:3 atau anamorphic 16:9 aspek rasio MPEG-2 video, disimpan pada resolusi 720/704 × 480 (NTSC) atau 720/704 × 576 ( PAL) pada 29,97, 25, atau 23,976 FPS. Audio biasanya disimpan dengan menggunakan Dolby Digital (AC-3) atau Digital Theater System (DTS) format, mulai dari 16-bits/48 kHz ke format dengan 24-bits/96 kHz monaural ke 6.1-channel "Surround Sound" presentasi, dan / atau MPEG-1 Layer 2 dan / atau LPCM stereoponis. Meskipun spesifikasi untuk video dan audio persyaratan berbeda-beda menurut wilayah global dan sistem televisi, banyak pemutar DVD format dukungan semua kemungkinan. DVD Video juga mendukung fitur-fitur seperti menu, dipilih sub judul, beberapa sudut kamera, dan beberapa track audio.
[Sunting]
DVD Audio
Artikel utama: DVD Audio

Audio DVD format pengiriman konten audio fidelity tinggi pada DVD. Menawarkan banyak opsi konfigurasi saluran (dari mono menjadi 5,1 surround sound) di berbagai sampling frekuensi (hingga 24-bits/192 kHz versus CDDA 's 16-bits/44.1 kHz). Dibandingkan dengan format CD, yang jauh lebih tinggi-kapasitas format DVD memungkinkan masuknya jauh lebih banyak musik (terhadap total berjalan waktu dan jumlah lagu) dan / atau kualitas audio jauh lebih tinggi (tercermin oleh tingginya tingkat sampling dan resolusi sampel yang lebih besar, dan / atau tambahan saluran untuk suara spasial reproduksi).

Meskipun atasan DVD Audio spesifikasi teknis, ada perdebatan mengenai apakah yang dihasilkan perangkat tambahan audio ini dapat dibedakan dalam lingkungan khas mendengarkan. DVD Audio saat ini membentuk sebuah ceruk pasar, mungkin karena sangat semacam perang format dengan standar saingan SACD yang DVD Video dihindari.
[Sunting]
Keamanan
Artikel utama: Content Protection for Recordable Media

Audio DVD disc menggunakan DRM mekanisme, disebut Content Protection untuk rekaman Media (CPPM), yang dikembangkan oleh kelompok 4C (IBM, Intel, Matsushita, dan Toshiba).

Meskipun CPPM seharusnya jauh lebih sulit untuk retak dari DVD Video's CSS, itu terlalu akhirnya retak pada tahun 2007 dengan merilis alat yang dvdcpxm. Rilis selanjutnya dari perpustakaan libdvdcpxm (yang didasarkan pada dvdcpxm) memungkinkan untuk pengembangan open source DVD-Audio ripping pemain dan perangkat lunak, seperti DVD-Audio Explorer [28]. Akibatnya, membuat salinan 1:1 dari DVD-Audio disc sekarang dapat dilakukan dengan relatif mudah, sama seperti DVD-Video disc.
[Sunting]
Perbaikan dan suksesi
[Sunting]
Blu-ray Disc

Pada tahun 2006, sebuah format baru yang disebut Blu-ray Disc (BD), dirancang oleh Sony, Samsung, dan Panasonic, dirilis sebagai penerus DVD. Format lain, HD DVD, bersaing dengan format ini tidak berhasil dalam perang format dari 2006-08. A dual layer Blu-ray dapat menyimpan 50-100 GB. [29] [30]

Namun, tidak seperti perubahan format sebelumnya (misalnya, audio kaset ke compact disc, VHS rekaman video ke DVD), tidak ada indikasi bahwa produksi langsung dari DVD standar akan berangsur-angsur angin bawah, sementara mereka masih mendominasi, dengan sekitar 87% dari penjualan video dan kira-kira satu miliar penjualan pemutar DVD di seluruh dunia. Bahkan ahli menyatakan bahwa DVD akan tetap dominan medium untuk setidaknya lima tahun lagi sebagai teknologi Blu-Ray masih dalam tahap perkenalan, menulis dan membaca kecepatan menjadi miskin serta fakta yang diperlukan hardware yang mahal dan tidak tersedia . [5] [31] Blu-ray player telah berjuang sebagian karena MPEG I-frame yang disimpan pada disk DVD didasarkan pada JPEG, yang membawa DCT informasi yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan interpolasi untuk resolusi yang lebih tinggi.

Konsumen awalnya juga lambat untuk mengadopsi Blu-ray karena biaya [rujukan?]. Tahun 2009, 85% dari toko-toko yang menjual Blu-ray. A high-definition TV dan sambungan kabel yang sesuai juga diperlukan untuk mengambil keuntungan dari Blu-ray disc. Beberapa analis mengatakan bahwa hambatan terbesar untuk mengganti DVD yang diinstal karena dasar; mayoritas konsumen puas dengan DVD. [32] DVD berhasil karena menawarkan alternatif yang menarik VHS. Selain itu, Blu-ray player ini dirancang untuk menjadi terbalik-kompatibel, sehingga DVD yang lebih tua untuk dimainkan karena media secara fisik identik; ini berbeda dari perubahan dari vinyl ke CD dan dari kaset ke DVD, yang melibatkan perubahan yang lengkap dalam fisik menengah.

Situasi ini dapat menjadi yang terbaik dibandingkan dengan peralihan dari 78 rpm lak rekaman sampai 45 rpm dan 33 ⅓ rpm vinyl rekaman; karena media yang digunakan untuk format sebelumnya adalah hampir sama dengan versi yang terakhir (a disc di atas meja putar, bermain menggunakan jarum ), phonographs terus dibangun untuk bermain usang 78 yang selama beberapa dekade setelah format dihentikan. Produsen telah mengumumkan rilis DVD standar hingga 2009, dan format pilihan tetap satu untuk rilis yang lebih tua program televisi dan film, dengan beberapa program seperti Star Trek: The Original Series memerlukan remastering dan penggantian unsur-unsur tertentu seperti efek khusus dalam supaya lebih diterima dalam tampilan definisi tinggi. [33]
[Sunting]
Holographic Versatile Disc

The Holographic Versatile Disc (HVD) adalah teknologi cakram optik yang mungkin suatu hari menyimpan hingga 3,9 terabyte (TB) informasi, meskipun saat ini maksimum 500GB. Ini mempekerjakan teknik yang dikenal sebagai collinear Holografi.
[Sunting]
5D DVD

The 5D DVD, sedang dikembangkan di Universitas Teknologi Swinburne di Melbourne, Australia, menggunakan sistem multilaser untuk menyandikan dan membaca data pada beberapa lapisan. Disc kapasitas diperkirakan hingga 10 terabyte, dan teknologi yang bisa secara komersial siap dalam waktu sepuluh tahun. [34]
[Sunting]
DVD sebagai media backup

Ada dua pertimbangan untuk cadangan menengah: usang dan ketahanan. Jika tidak ada perangkat yang dapat membaca media, adalah usang dan data tidak tersedia dan dengan demikian hilang.

Keawetan DVD diukur berdasarkan berapa lama data dapat dibaca dari disk, dengan asumsi ada perangkat yang kompatibel yang dapat membacanya: artinya, berapa lama cakram dapat disimpan sampai data hilang. Lima faktor yang mempengaruhi ketahanan: penyegel metode, reflektif lapisan, pewarna organik riasan, di mana diproduksi, dan praktek-praktek penyimpanan. [35]

Menurut Optical Storage Technology Association (Beli), "klaim produsen rentang kehidupan, mulai 30-100 tahun untuk DVD, DVD-R dan DVD + R disc dan sampai 30 tahun untuk DVD-RW, DVD + RW dan DVD-RAM ", [36] meskipun produsen emas 24 karat berbasis DVD lifespans klaim hingga 300 tahun. [37] Dari proses manufaktur yang lebih konvensional, Taiyo Yuden sering direkomendasikan untuk daya tahan lebih lama. [35]
[Sunting]
DVD hak-hak konsumen

DVD yang komersial konten film dan televisi direkam pada mereka yang tunduk pada hak cipta. Bangkitnya FileSharing dan "pembajakan" telah mendorong banyak pemilik hak cipta untuk menampilkan pemberitahuan pada kemasan DVD atau ditampilkan pada layar bila konten diputar bahwa memperingatkan konsumen yang sah menggunakan tertentu dari DVD.

Umumnya, pembeli eceran DVD rekaman komersial tidak bebas untuk menjual atau menukar disc, selama masih mengandung materi yang tidak dimiliki oleh pembeli.

Pengaturan untuk sewa dan pinjaman lebih banyak berbeda dengan geografi. Di AS, hak untuk menyewa atau membeli DVD meminjamkan dilindungi oleh doktrin penjualan pertama di bawah Undang-Undang Hak Cipta tahun 1976. Di Eropa, hak sewa dan pinjaman lebih terbatas, di bawah Directive Eropa tahun 1992 yang memberikan kekuasaan yang lebih luas pemegang hak cipta untuk membatasi menyewa komersial dan pinjaman publik dari DVD salinan pekerjaan mereka.
[Sunting]
Lihat pula
Jenis Buku
Content Scramble System
Perekam video digital (DVR)
DVD authoring
DVD kode wilayah
TV DVD permainan
IFO, BUP dan VOB
[Sunting]
Referensi
^ A b DVD FLLC (2009-02) Buku DVD Konstruksi - daftar semua tersedia DVD Books, Diakses pada 2009/07/24
^ A b FLLC DVD Format DVD Buku - Sejarah Suplemen untuk DVD Books, Diakses pada 2009/07/24
^ A b MPEG.org, DVD Buku overview, Diakses pada 2009/07/24
^ "Build Your Skills: Suatu perbandingan antara DVD dan
^ A b c "E-commerce dan Video Distribusi: DVD dan
^ A b c Johnson, Lawrence B. (7 September, 1997). "Untuk DVD, Disney Magic Mei Jadilah Kunci". The New York Diperoleh 2009/05/25.
^ ISO ISO Bebas Tersedia Standar, Diakses pada 2009/07/24
^ ISO ISO / IEC 17344:2009, Data interchange di 120 mm dan 80 mm optik + R disc menggunakan format - Kapasitas: 4,7 GBytes dan 1,46 GBytes per sisi (merekam kecepatan hingga 16X), Diakses pada 2009 -- 07-26
^ ISO ISO / IEC 25434:2008, Data interchange di 120 mm dan 80 mm optical disc menggunakan format + R DL - Kapasitas: 8,55 GBytes dan 2,66 GBytes per sisi (merekam kecepatan hingga 16X), Diakses pada 2009 -07-26
^ ISO ISO / IEC 17341:2009, Data interchange di 120 mm dan 80 mm optik + RW disc menggunakan format - Kapasitas: 4,7 GBytes dan 1,46 GBytes per sisi (merekam kecepatan hingga 4X), Diakses pada 2009 -- 07-26
^ ISO ISO / IEC 26925:2009, Data interchange di 120 mm dan 80 mm optik + RW disc menggunakan format HS - Kapasitas: 4,7 GBytes dan 1,46 GBytes per sisi (kecepatan perekaman 8X), diakses pada 2.009-07 -26
^ A b DVD FLLC (2009) DVD Format Buku, Diakses pada 2009/08/14
^ DVD FLLC (2009) Cara Mendapatkan DVD Format / Logo Lisensi (2005-2009), diakses pada 2009/08/14
^ DVD Primer di DVDForum.org
^ "A Battle for Pengaruh Selama Disk yang tak pernah puas". The New York Times. 1995/01/11. Http://query.nytimes.com/gst/fullpage.html?res=990CEEDA143CF932A25752C0A963958260. Diperoleh 2007/04/09.
^ "DVD desainer pergi dengan AC-3 Final spesifikasi untuk 'digital serbaguna disc'...". . Diperoleh 2007/04/16.
^ "DVD FAQ". DVD Demystified. 2006/09/12. Http://www.dvddemystified.com/dvdfaq.html # 1.1.
^ "DVD Primer". DVD Forum. 2004/11/14. Http://www.dvdforum.org/faq-dvdprimer.htm # 1. Diperoleh 2008/01/23.
^ "DVD Buku A: Fisik parameter". Mpeg.org. Http://www.mpeg.org/MPEG/DVD/Book_A/Specs.html. Diperoleh 2009/08/22.
^ Cinram: DVD di Detail [dead link]
^ A b Jim Taylor. "DVD Demystifed FAQ". Dvddemystified.com. Http://www.dvddemystified.com/dvdfaq.html. Diperoleh 2009/08/22.
^ "DVD-14". Afterdawn Diperoleh 2007/02/06.
^ The menulis waktu adalah optimis liar yang lebih tinggi (> 4x) menulis kecepatan, karena yang dihitung dari maksimum kecepatan menulis drive daripada rata-rata kecepatan menulis drive.
^ A b Robert DeMoulin. "Memahami Dual Layer DVD Recording". BurnWorld.com. Http://www.burnworld.com/howto/articles/intro-to-dual-layer.htm. Diperoleh 2007/07/06.
^ "DVD player benchmark". hometheaterhifi.com. http://www.hometheaterhifi.com/cgi-bin/shootout.cgi?function=search&articles=all&type=&manufacturer=0&maxprice=0&deInt=0&mpeg=0 # SamsungBD-P1000% 20Blu-ray/DVD% 20Player% 20 (HDMI). Diperoleh 2008/04/01.
^ "Toko Diskon video saluran kekasih pilihan". Diskon Store News (melalui findarticles.com). 1998/08/10. Http://findarticles.com/p/articles/mi_m3092/is_15_37/ai_50241583. Diperoleh 2008/03/06.
^ Bakalis, Anna (2003/06/20). "It's unreel: DVD menyalip penyewaan kaset video". Washington
^ "DVD-Audio Diperoleh 2008/04/09.
^ "Apa itu Blu-ray Disc?". Sony. Http://www.sonystyle.com/webapp/wcs/stores/servlet/CategoryDisplay?catalogId=10551&storeId=10151&langId=-1&identifier=S_BrandShowcase_Blu-ray. Diperoleh 2008/11/25.
^ "DVD FAQ: 3.13 - Bagaimana dengan format HD baru?". 2008/09/21. Http://www.dvddemystified.com/dvdfaq.html # 3,13. Diperoleh 2008/11/25.
^ "High-Definition Penjualan Jauh Di belakang DVD Standar Dua Tahun Pertama". Movieweb.com. 2008/02/20. Http://www.movieweb.com/dvd/news/20/26720.php. Diperoleh 2009/08/22.
^ Gates Dan Ballmer On "Making The Transisi". BusinessWeek. Diperoleh 2009/08/22.
^ "Kirk / Spock Star Trek Untuk Dapatkan All New HD angkasa". Aintitcool.com. Http://www.aintitcool.com/display.cgi?id=24344. Diperoleh 2009/08/22. [Sumber bisa diandalkan?]
^ "'5 D 'penyimpanan bisa menampung 2.000 kali lebih dari 1 DVD". CBC News. Canadian Broadcasting Corporation. Diperoleh 2009/05/29.
^ A b "Bagaimana Untuk Pilih CD / DVD Archival Media". 2006/10/30. Http://adterrasperaspera.com/blog/2006/10/30/how-to-choose-cddvd-archival-media. Diperoleh 2009/03/14.
^ "Berapa lama data yang tercatat pada disk DVD dapat ditulis tetap Diperoleh 2009/03/14.
^ "New Gold KODAK CD dan DVD Janji yang 80-300 Years of Lifetime". 2006/04/18. Http://www.cdrinfo.com/Sections/News/Details.aspx?NewsId=16833. Diperoleh 2009/03/14.

DVD Manufaktur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar